Jumat, 31 Januari 2014

Sholat Jum'at di Libur Panjang Imlek


Suasana libur panjang Imlek 3 hari disambut senang oleh segenap masyarakat indonesia. Karena mereka dapat berkunjung ke sanak saudara, teman, keluarga jauh, ataupun rekreasi untuk melepaskan diri dari kepenatan. Dan ada pula sebagian orang yang menggunakan kesempatan ini untuk bermalas-malasan dirumah guna untuk menghemat biaya & bersantai saja di rumah.

Dampak libur Imlek juga dirasakan oleh ta’mir masjid Imaduddin, Rungkut Surabaya. Bagaimana tidak, kapasitas masjid yang mampu memuat 2 ribu orang ini bisa membeludak jama’ah yang mengikuti sholat Jum’at berjamaah pada Siang Jumat (31/01). Saat khutbah baru dimulai masjid sudah penuh oleh masyarakat yang kebanyakan mungkin juga jarang berjamaah dimasjid ini dan kali ini mereka liburan dan sholat jum’at dimasjid kebanggaan masyarakat Medokan Ayu, Surabaya ini.

Dari serambi bawah terlihat ratusan orang duduk berdesak-desakan. Begitu pun mereka yang duduk di serambi belakang dan di lantai atas. Tapi, meskipun mereka berdesak-desakan suasana khitmat juga masih terlihat dari raut wajah mereka yang antusias mendengarkan khutbah dari Ust. Ircham Rosyidi selaku khotib pada Jumat Siang ini. Hal ini jarang terlihat di dalam masjid ini karena terkadang pada saat tidak hari libur jama’ah mungkin berkisar 1 ribuan.

Kesan dari salah satu jamaah rutin dimasjid Imaduddin ini sangat terkejut ketika masuk masjid dan melihat banyaknya jamaah yang tidak seperti jumat-jumat biasanya. Tapi dimaklumi memang ini adalah hari libur panjang jadi sudah bisa diprediksi masjid akan penuh.

Tak dipungkiri memang kapasitas masjid yang masih dalam tahap renovasi pembangunan dan perluasan. Terlihat disisi kiri masjid yang masih dibangun pondasi baru yang nantinya diharapkan masjid Imaduddin ini bisa manampung jamaah lebih banyak dari pada sekarang. Insyaallah pertengahan tahun 2014 ini masjid bisa selesai pembangunannya.


0 komentar:

Posting Komentar