Senin, 27 Januari 2014

Cara Penulisan Berita

Dalam pembuatan berita juga memiliki cara tips jitu supaya berita kita dapat dipahami masyarakat dan dapat menarik minat dari pembaca kita. nah kali ini saya sedikit akan sharing tentang 5 tips cara menulis sebuah berita :

  • Kejujuran; Berita harus fakta yang benar-benar terjadi. Seorang penulis berita atau wartawan jika melaporkan berita tidak boleh memalsukan atau memasukan unsur fiksi dalam berita.
  • Kecermatan; berita harus benar seperti pada kenyataannya dan ditulis dengan tepat. Segala pernyataan tentang fakta dan opini harus dicantumkan sumbernya.
  • Keseimbangan; agar sebuah berita seimbang, hal-hal yang harus diperhatikan yaitu: tampilkan fakta dari masalah pokok; tidak memuat informasi yang tidak relevan; tidak menyesatkan atau menipu khalayak, tidak memasukan emosi atau pendapat ke dalam berita, tetapi ditulis seakan-akan sebagai fakta; tampilkan semua sudut pandang yang relevan dari masalah yang diberitakan; tidak memakai pendapat editorial. 
  • Kelengkapan dan kejelasan; berita yang lengkap adalah berita yang memuat unsur 5w+1h atau what, when, where, who, why, dan how.
  • Ringkas padat jelas, ditulis secara singkat namun tidak menghilangkan informasi pentingnya.

0 komentar:

Posting Komentar