Minggu, 02 Februari 2014

Meriahnya Acara Maulid Nabi

                Hujan pagi ini tak mengurungkan niat para hadirin untuk datang ke halaman Pondok Pesantren Tarbiyatul Aulad, Medokan Ayu, Rungkut Surabaya. Hal itu guna untuk mengikuti pengajian umum dalam rangka peringatan maulid nabi Muhammad SAW & Haul Syech Abdul Qadir Al-Jailani.

                Acara pagi ini sangat meriah dari pagi sampai siang hari. Peringatan dimulai dengan acara pembacaan Maulid dziba’ & Manaqib Syech Abdul Qodir Al-Jailani ba’da subuh oleh seluruh santri PP. Tarbiyatul Aulad beserta Dewan Assatid. Para santri dengan khidmat bergantian membaca bagian manaqib yang telah dibagi oleh assatid kepada mereka.


                Tak kalah meriahnya sholawat yang bergema pagi ini yang dibawakan langsung oleh grub Hadrah al-banjari Gestra Nada. Grub sholawat dipimpin langsung oleh Ust. Machrus, putra dari pengasuh PP. Tarbiyatul Aulad K.H Yusuf Manan. Gestra Nada ini adalah salah satu grub hadrah yang mengadopsi model sholawat ala Ahbabul Mustofa grub yang biasanya mengiringi Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf
.
                Dan juga dipagi itu juga dimeriahkan oleh pentas seni santriwan dan santriwati PP. Tarbiyatul Aulad. Dalam pentas seni itu menampilkan tarian oleh adik-adik kelas 1-3, samroh junior dan senior dari grub samroh Al-Geswa salah satu grub samroh kebanggan dari PP. Tarbiyatul Aulad.


                Tepat jam 9 pagi acara inti pengajian umum maulid nabi Muhammad SAW  dimulai. Acara yang dibuka dengan Muhasabatul Qiro’atil Qur’an yang dibawakan oleh Ust. Khafid Surur. Qori’ yang bertempat tinggal di Jombang itu adalah salah satu qori’ nasional dan pernah menjuarai MTQ  Nasional mewakili Riau.

                Dan setelah Qiro’ah acara dilanjutkan oleh sambutan perwakilan dari pengasuh PP. Tarbiyatul Aulad yang dibawakan oleh Ust. M. Umar Yusuf, S.Ag yang juga putra kedua dari K.H Yusuf Manan. Dalam sambutannya beliau juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran jama’ah dan juga ucapan terimakasih untuk para donatur. Dari mulai donatur peringatan maulid nabi sampai donatur pembangunan PP. Tarbiyatul Aulad karena pada saat ini Pesantren dalam tahap renovasi total.


                Setelah sambutan itu langsung menuju acara yang paling ditunggu-tunggu oleh jama’ah. Yakni mau’idhotul khasanah yang dibawakan langsung oleh K.H Agoes Ali Mashuri pengasuh PP. Bumi Sholawat, Tulangan Sidoarjo. Mau’idhotul khasanah yang disampaikan ini sangat mengesankan hati para jama’ah. Tema dari Mau’idho kali ini adalah cara mempelajari tanda-tanda yang diberikan oleh Allah SWT untuk umat manusia.


                Setelah 1 jam membawakan tausyiah Gus Ali sapaan akrab dari K.H Agoes Ali Mashuri disambung oleh tausyiah yang kedua yang dibawakan Hj. Nurul Abidah. Bu nyai yang biasanya sering terlihat muncul diacara salah satu TV swasta di Surabaya ini banyak memberi pengetahuan kepada para jama’ah.

                Itulah semua rangkaian acara dari peringatan maulid nabi Muhammad SAW di pondok pesantren dimana tempat saya menuntut ilmu agama.




2 komentar: